Lama Umur Manusia Purba Cekungan So’a

Lama Umur Manusia Purba Cekungan So’a

jenis jenis manusia purba dan gambarnya So’a Basin adalah cekungan sedimen yang dikelilingi oleh gunung berapi purba dan gunung berapi yang masih aktif. Stratigrafi, Cekungan So’a terdiri dari batuan dari Formasi Olakile, Formasi Ola Bula dan Endapan Volkanik Muda. Formasi Ola Bula terdiri dari tiga anggota formasi yaitu Anggota Tuf, Anggota Batu Pasir dan Anggota Batu Kapur “Gero”. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian berfokus pada Anggota Tuf dan Anggota Batu Bekas dari Formasi Olabula karena di kedua anggota formasi ditemukan banyak fosil vertebrata, dan khususnya Anggota Batu pasir selain fosil vertebrata juga menemukan artefak (alat batu).

Lama Umur Manusia Purba Cekungan So’a

Penelitian sebelumnya di sini yang meneliti aspek geologi, paleontologi dan arkeologi, telah mengidentifikasi beberapa situs fosil dan lapisan pembawa fosil dan peralatan batu, yang tersebar di bagian barat, tengah dan timur Cekungan So’a. Data dari Wolosege menunjukkan bahwa alat batu yang diperoleh di lokasi ini berumur 1 juta tahun. Meskipun fosil manusia purba tidak ditemukan, dapat diperkirakan bahwa manusia purba telah tinggal di Cekungan So’a sejak periode tersebut. Tidak jauh dari Wolosege, ada situs Mata Menge yang pertama kali dipelajari dan dilakukan oleh seorang pendeta Belanda, Theodore Verhoeven, pada tahun 1950an. Yang menarik dari situs Mata Menge adalah fosil vertebrata dan alat batu yang ditemukan di lapisan yang sama dan dapat ditemukan di beberapa lapisan, sehingga kegiatan penelitian dan penggalian terus dilakukan sampai sekarang.

Apabila kalian ingin mengetahui lebih lengkap lagi informasi tentang manusia purba  silahkan kunjungi https://kelasilmu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *