Tips sederhana melindungi mata dari radiasi komputer

Tips sederhana melindungi mata dari radiasi komputer

Tips sederhana melindungi mata dari radiasi komputer-Pernahkah Anda memperhatikan bahwa semakin banyak orang mulai memakai kacamata hari ini? Kecanduan komputer, laptop, telepon dan tablet memiliki dampak dan risiko yang dibayar dengan murah hati. Ada beberapa jenis penyakit baru yang disebabkan oleh perkembangan zaman modern, salah satunya adalah penurunan performa mata yang terlalu lama menatap layar komputer atau gadget. Jika Anda tidak melindungi mata dari paparan cahaya komputer, Anda akan mengalami kondisi ini. Pakai kacamata anti radiasi pasti akan sangat membantu.

Kecerahan layar komputer membuat mata tertekan dan kering. Juga, jika Anda terlalu banyak waktu melihat layar komputer, bentuk retina mata akan berubah. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk belajar melindungi mata dari layar komputer.Ada banyak tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar mata Anda tetap terjaga dengan baik. Tekanan mata pada cahaya komputer bisa dengan mudah dihindari dengan menempatkan penghalang antara mata dan layar. Berikut ini Beberapa Tips Melindungi Mata Anda dari Cahaya Komputer :

1. Kurangi kecerahan layar
Bila Anda harus terus melihat layar komputer sepanjang hari, karena ini adalah bagian dari pekerjaan mereka, paling tidak Anda bisa melindungi mata Anda dengan mengurangi kecerahan layar. Kecerahan sinar layar komputer akan membuat mata Anda berair.

2. Kenakan kacamata dan bukan lensa kontak
Jika Anda memakai lensa kontak saat bekerja di komputer, hati-hati karena akan merusak mata Anda. Lensa kontak menyebabkan mata Anda kering dan tidak berfungsi sebagai penghalang fisik antara layar dan mata. Karena itu, lebih baik pakai kacamata.

3. Kenakan kacamata anti silau
Jika Anda diharuskan memakai kacamata kurang atau lebih, Anda juga harus menambahkan lapisan anti silau (silau) ke lensa kecamata Anda. Kini sudah banyak toko optik yang memiliki lensa seperti ini.

4. Berkedip sebanyak mungkin
Biasanya kita terlalu khawatir membaca atau mengerjakan sesuatu di komputer atau gadget sehingga sering lupa berkedip. Akibatnya, mata kita menjadi cepat lelah dan kering. Saat kering, ada iritasi. Karena itu, usahakan berkedip sesering mungkin sehingga mata Anda tetap lembab.

5. Pertahankan visibilitas dari layar
Anda harus selalu menjaga jarak yang tepat dari layar komputer saat bekerja. Itulah mengapa kami merekomendasikan penggunaan desktop dan bukan tablet dan laptop saat Anda harus mengerjakan tugas ini untuk waktu yang lama.

6. Meningkatkan ukuran font
Saat Anda mencoba membaca atau menulis sesuatu dengan cepat, selalu gunakan ukuran font komputer yang besar. Hal ini sangat berguna untuk meringankan beban mata saat membaca tulisan di komputer.

7. Jangan terlalu sering melihat diri Anda di layar
Hindari melihat ke bawah saat Anda mencoba membaca sesuatu yang terlihat kecil di layar. Tablet atau ponsel memiliki pilihan fungsi untuk memperbesar gambar / objek di layar, jadi manfaatkan fitur dengan benar. Mempersempit atau memusatkan perhatian pada layar gadget akan merusak matamu.

8. Gunakan pelindung layar optis
Beberapa orang menambahkan pelindung layar mata (optical screen protector) di layar komputer untuk melindungi mata mereka. Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi ketegangan di mata Anda.

9. Gerakkan mata Anda
Selalu fokus panjang pada layar komputer bisa membuat matamu malas. Lakukan gerakan spasmodik dari waktu ke waktu sehingga otot mata rileks.

10. Gunakan lensa biasa
Bahkan jika matamu normal tanpa anomali tertentu, memakai kacamata bisa menjadi pilihan tepat untuk melindungi matamu dari paparan komputer / gadget ringan.

Itulah beberapa tips sederhana melindungi mata dari radiasi komputer, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *