Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

siamplop – Salah satu pertanyaan umum terkait akuntansi adalah perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Pada tulisan ini, saya akan membahas perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Untuk mengerti ketidaksamaan keduanya, kita lebih dahulu mesti mengerti pengertiian dari akuntansi keuangan serta akuntansi manajemen.

Pengertian Akuntansi Keuangan serta Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang fokus pada pembuatan neraca keuangan yang diperuntukkan pada pihak eksternal pemakai neraca keuangan seperti pemegang saham, pemberi utang, otoritas pajak, dan lain-lain. Akuntansi keuangan lebih berbentuk agregat serta disusun berdasar pada generally accepted accounting principles atau prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Sedang, akuntansi manajemen atau akuntansi manajerial yaitu akuntansi yang fokus pada penyediaan info sekitar operasional perusahaan pada pihak manajemen dengan maksud tingkatkan efisiensi serta dampaktifitas operasional perusahaan. Dibanding dengan akuntansi keuangan, akuntansi manajemen lebih berbentuk detil serta tidak terikat dengan standard spesifik seperti akuntansi keuangan.

Ketidaksamaan Akuntansi Keuangan serta Akuntansi Manajemen

Di bawah ini yaitu ketidaksamaan akuntansi keuangan serta akuntansi manajemen :

Fokus

Akuntansi keuangan fokus pada pembuatan neraca keuangan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, serta laporan perubahan modal yang diperuntukkan baik pada pihak internal ataupun eksternal. Sedang, konsentrasi akuntansi manajemen yaitu buat laporan operasional perusahaan yang cuma didistribusikan dengan terbatas pada pihak internal.

Agregasi Laporan

Akuntansi keuangan hasilkan neraca keuangan usaha dengan agregat atau keseluruhan operasional usaha keseluruhannya seperti laporan neraca serta laporan laba rugi. Sedang, akuntansi manajemen hasilkan laporan yang lebih berbentuk detil. Umpamanya, laporan keuntungan by product, laporan customer serta beda sebagainya.

Maksud

Maksud dari akuntansi keuangan yaitu hasilkan neraca keuangan yang melukiskan keadaan serta perform perusahaan. sedang, maksud akuntansi manajemen yaitu untuk hasilkan laporan dengan khusus serta detil, mengidentifikasi problem yang muncul dan merampungkan problem itu.

Standar

Akuntansi keuangan mesti penuhi standard yang berlaku. Karna mempunyai standard yang baku, neraca keuangan jadi hasil dari akuntansi keuangan dapat dibanding baik antar periode ataupun antar perusahaan. Sedang, akuntansi manajemen di buat lebih fleksibel karna tak ada standard yang baku yang berlaku pada akuntansi manajemen. Laporan akuntansi manajemen pada perusahaan yang satu dengan yang beda begitu mungkin saja berlainan.

Time Period

Neraca keuangan yang disebut output dari akuntansi keuangan berbentuk historical oriented, di mana neraca keuangan disusun berdasar pada operasional perusahaan yang berlangsung sepanjang periode spesifik. Sedang akuntansi manajemen, dapat berbentuk future oriented, seperti pada pembuatan biaya serta forecast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *