Ketahui dan Praktikkan Langkah Pencegahan Penyakit Cacingan pada Anak yang Efektif

Ketahui dan Praktikkan Langkah Pencegahan Penyakit Cacingan pada Anak yang Efektif

Sekarang, kita akan membahas lebih detail tentang kegiatan pencegahan cacingan pada anak. Anda sekalian sebagai orang tua memang sudah seharusnya melakukan hal ini. Pasalnya, penyakit cacingan memang tidak bsa diprediksi secara kasat mata. Barulah setelah terlihat tanda atau gejalanya yang terlihat, Anda baru menyadarinya. Oleh karena itu, langkah pencegahan menjadi cara yang penting dan efektif dilakukan untuk menghindari penyakit cacingan khususnya pada anak-anak. Jangan hanya membiarkan saja sang buah hati di rumah menderita penyakit cacingan tanpa melakukan langkah pencegahan apapun. Sebagai orang tua yang bijaksana dan bertanggung jawab, silakan mempraktikkannya di rumah masing-masing. Dengan begitu, buah hati tercinta Anda terhindar dari penyakit cacingan.

Lalu, apa saja langkah pencegahan penyakit cacingan pada anak yang direkomendasikan dan perlu diketahui informasinya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Langkah Pencegah Penyebaran Penyakit Cacingan Pada Anak

cegah cacingan pada anak

Mencuci tangan sebelum makan

Kebiasaan yang satu ini memang seharusnya dibiasakan sejak dini bagi setiap anak-anak. Hal itu dikarenakan kedua tangan yang kotor dapat menjadi jalan masuk bibit penyakit, kuman, dan telur cacing. Memang tidak bisa langsung masuk ke dalam tubuh karena cacingan pada anak akan menjadi penyakit saat masuk ke dalam tubuh mereka. Lalu, bagaimana bisa masuk cacing kecil atau telur cacing masuk ke dalam tubuh anak-anak?

Jadi, anak-anak kecil yang tangannya kotor setelah bermain tanah. Mereka tidak tahu dan memang tidak mau tahu bahwa ada bibit cacing yang menempel di salah satu atau kedua tangannya. Biasanya, telur cacing tersebut terbawa di bagian kuku anak-anak. Terutama mereka yang berkuku panjang. Selanjutnya, tangan kotor yang sudah ditempeli telur cacing tersebut dipakai makan atau minum, sehingga ikut masuk ke dalam tubuh melalui makanan tersebut. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus membiasakan buah hati di rumah mencuci tangan sebelum makan dan minum. Bukan mencuci biasa, tetapi dengan sabun kesehatan.

Memotong kuku yang sudah panjang

Inilah cara pencegahan cacingan pada anak berikutnya. Sudah sedikit disinggung di atas bahwa telur cacing biasanya ikut terbawa kedua tangan anak-anak saat bermain tanah. Apalagi jika kuku tangannya panjang-panjang yang membuat telur cacing mudah menempel di tangan. Jangan sampai telur cacing itu terbawa masuk hingga ke dalam pencernaan anak-anak saat makan dengan tangan kotornya. Oleh karena itu,kuku tangannya yang sudah panjang harus dipotong, sehingga semua kotoran yang menempel dan masuk di sela-sela kuku bisa hilang. Silakan Anda membantu memotongnya karena anak-anak kecil memang belum bisa memotong kuku tangan dengan benar. Selain kuku tangan, jangaan lupa memotong kuku kaki yang sudah panjang karena juga bisa menghilangkan telur cacing yang menempel di situ.

Melarang anak bermain tanah

Tanah merupakan media yang efektif menularkan penyakit cacingan pada tiap anak. Pasalnya, anak-anak kecil memang menyukai bermain tanah apalagi bersama-sama anak lain, sehingga lebih seru. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tuanya harus melarang anak saat ingin bermain tanah. Beri pengertian kepada mereka perihal penyakit cacingan kaitannya dengan tanah yang akan mereka mainkan. Solusi alternatif agar anak-anak bisa tetap bermain tanah tanpa takut terkena cacingan, yaitu menggantinya dengan pasir. Lebih spesifiknya, yaitu pasir pantai yang berwarna putih. Anda bisa mendapatkannya langsung dari wilayah pesisir pantai di sekitar tempat tinggal masing-masing. Lagipula, anak-anak masih tetap bisa bersenang-senang dan bermain pasir di dalam rumah, sehingga selalu terjaga dari penyakit cacingan pada anak.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1325984/yuk-kenalan-lebih-dekat-dengan-penyakit-cacingan-pada-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *