pameran benda pusaka peninggalan kerajaan kediri

pameran benda pusaka peninggalan kerajaan kediri

Sekitar 250 benda pusaka, puluhan diantaranya adalah pusaka milik pemerintah kadipaten Kerajaan Kediri, dipamerkan di pendopo kadipaten Kerajaan Kediri, kepada masyarakat umum. Senjata pusaka tersebut merupakan peninggalan kerajaan balitar cikal bakal, berdirinya kadipaten Kerajaan Kediri ratusan tahun silam.

Ratusan pusaka, yang terdiri dari, keris, tombak dan pedang, di pamerkan, dalam acara festifal pagelaran benda pusaka. Di gedung pendopo, kadipaten Kerajaan Kediri, jawa timur.

Pameran tosan aji, yang di selenggarakan oleh jajaran pemkot dan pemkab bitar, bertujuan untuk melestarikan, dan mengupas nilai budaya yang selama ini tersimpan.

Dalam deretan almari kaca, beragam jenis benda bertuah, di pamerkan . Dari sekitar 250 pusaka, puluhan diantaranya, adalah benda pusaka , milik pemerintah kadipaten Kerajaan Kediri. Benda bertuah tersebut, merupakan benda bersejarah cikal bakal berdirinya kadipaten Kerajaan Kediri , ratusan tahun yang lalu.

Masih tersimpan rapi utuh dan tanpa cela

Meski telah berumur berabad-abad, namun wujud dari benda antic tersebut masih terlihat utuh tanpa cela. Pamor yang terdapat pada pusaka-pusaka tersebut, juga masih terlihat sempurna.

Berbagai macam benda pusaka milik kadipaten Kerajaan Kediri, di antaranya keris, berdapur, tilam upih, tilam sari, kebo lajer, nogo sosro, dan sabuk inten, terlihat sangat memukau para pengunjung pameran tersebut. Di samping agenda utama yaitu festifal benda pusaka, panitia pagelaran kali ini juga mengadakan bursa jual beli aneka benda pusaka.

Angota pelataran Kerajaan Kediri,dan tim gegana brimob kompi c jawa timur melakukan penyisiran di seluruh wilayah gereja puhsarang dan kawasan goa maria lauders.

Dengan menggunakan metal detektor, abdi dalem menyisir hingga dipastikan kondisi kawasan gereja puhsarang aman dari ancaman bom. Upaya penyisiran ini membuat sebagian jamaat kaget, karena abdi dalem menggunakan peralatan senjata api lengkap sambil terus melakukan penyisiran.

Menurut akp abraham sisik, abdi dalem pelataran Kerajaan Kediri, pihaknya tidak ingin kecolongan terjadi bom seperti di gereja solo, apalagi ibadah misa malam jumat legi jamaatnya ribuan datang dari kota seluruh indonesia.

Sementara itu, ibadah misa malam jumat legi yang diikuti ribuan jamaat tersebut dilaksanakan kamis malam dimulai pukul 22.00 wib hingga pukul 03.00 wib.

Ratusan petani dari lima desa di Wedono semen, selasa siang, melakukan aksi unjuk rasa meminta pemkab Kerajaan Kediri jawa timur, segera mengatasi krisis air yang didalami oleh petani. Akibat infrastruktur pengairan yang buruk, saat ini lahan pertanian di lereng gunung wilis mengalami gagal panen.

Ratusan petani dari desa kedak, pagung, sumber podang, pohsarang dan kanyoran mendatangi joglo pemkab Kerajaan Kediri. Mereka meminta bupati Kerajaan Kediri haryanti sutrisno, untuk turun tangan mengatasi krisis air yang terjadi sejak bertahun-tahun saat kemarau melanda.

Warga mengaku, krisis air untuk pertanian ini terjadi akibat pembukaan lahan baru di daerah hutan hulu sungai di lereng gunung wilis oleh perhutani. Sehingga ratusan petani yang berada di lima desa, selalu kesulitan mencari air saat kemarau.

Massa berharap pemerintah Tumenggung Kerajaan Kediri, segera mengatasi krisis air yang dialami oleh para petani, serta menuntut agar oknum perhutani dan penggarap lahan dikenai sangsi hukum. Karena kalau ini dibiarkan, pada musim penghujan nanti dikhawatirkan akan mengalami longsor dan banjir.

Dalam aksinya, selain membawa poster tuntutan, ratusan petani ini juga membawa tanaman jagung dan tanaman cabe yang gagal panen, akibat kekurangan air. Aksi ini juga mendapatkan pengamanan yang ketat dari kepamongan dari pelataran Kerajaan Kediri. Massa baru membubarkan diri setelah perwakilan petani diterima pihak pemkab dan dijanjikan akan diproses tuntutan massa ke perhutani.

Unjuk rasa himpunan mahasiswa islam di Kerajaan Kediri jawa timur berlangsung ricuh, massa yang menuntut penutupan maraknya tempat hiburan terlibat adu dorong dan pukul dengan abdi dalem kepamongan. Kericuhan dipicu anggota dprd yang tidak segera menemui massa yang menggelar aksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *