Contoh Surat Kuasa Beserta Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatannya

Contoh Surat Kuasa Beserta Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatannya

Pembuatan surat kuasa tidak semata menaruh wewenang kepada seseorang terhadap anda. Fungsi dari surat kuasa tak lain yaitu memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk mengambil atau memegang sementara disaat yang berkewajiban tidak dapat memenuhinya. Dengan kata lain kewajiban anda diwakilkan oleh orang lain. Kewajiban tersebut haruslah yang tidak boleh diwakilkan. Contoh surat kuasa antara lain untuk pengambilan gaji, pengambilan surat BPKB, pembelian tanah, membuka rekening bank, menyatakan berhenti berlangganan, penjualan tanah, ahli waris dan lain sebagainya yang sifatnya tidak boleh diwakilkan demi keamanan.
Bila anda akan membuat surat kuasa, anda perlu mencermati beberapa hal berikut ini agar dokumen anda aman terkendali.
1.    Surat kuasa ditujukan kepada individu dan sifatnya perorangan, tidak ada paksaan dari pihak manapun dalam proses pembuatan surat kuasa.
2.    Harus menyertakan nomor surat bila surat kuasa diberikan untuk kebutuhan dinas.
3.    Jika yang diambil adalah bentuk uang, sebaiknya dilimpahkan kepada orang-orang terdekat misal suami/istri, anak, maupun saudara terdekatnya dan tidak perlu menambahkan materai. Namun bila ada kebijakan untuk menambahkan materai pada surat kuasa maka harus ditempelkan.
4.    Identitas penerima surat kuasa harus jelas dan terang.
5.    Surat sebaiknya dilengkapi dengan tujuan yang jelas misal untuk pengambilan upah, pengambilan BPKB atau yang lainnya serta dicantumkan tanggal pembuatan surat.
6.    Tanda tangan dari pemberi surat kuasa dan penerima surat kuasa wajib dicantumkan.
7.    Stempel kelembagaan atau instansi wajib diberikan bila surat kuasa dilimpahkan untuk kepentingan dinas.

Demikian beberpa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat kuasa. Contoh surat kuasa sangat banyak dan anda bisa anda jadikan sebagai refrensi pembuatan surat kuasa. Pastikan surat kuasa harus diberi judul kata “SURAT KUASA” agar surat lebih valid dan tidak menimbulkan keraguan pada alamat tujuan. Pastikan orang yang anda beri surat kuasa adalah orang-orang yang anda percayakan untuk mengambil perihal yang diutamakan keamanannya. Terlebih bila yang diambil adalah surat penting yang terjamin keasliannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dalam pembuatan surat kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *