Macam Dan Jenis Sterilisator Alat Medis di Rumah Sakit

Macam Dan Jenis Sterilisator Alat Medis di Rumah Sakit

Sterilisator alat medis ada beberapa macam yang umum digunakan di rumah sakit dan klink serta pusat layanan medis sejenisnya. Sterilisator digunakan untuk melakukan sterilisasi terhadap instrument medis yang telah digunakan dan juga perangkat – perangka medis yang lain yang harus disterilisasi. Ada dua macam sterilisator alat – alat medis yang banyak digunakan di rumah sakit dan klinik. Yaitu Autoclave dan Dry Heat Sterilizer. Ingin tahu lebih banyak tentang dua alat tersebut ? Simak pembahasannya di sini.

sterilisator alat medis

Sterilisasi merupakan satu proses menghilangkan mikro  organisme patogen yang menempel pada satu alat atau benda dengan cara fisik atau kimiawi. Sterilisator adalah alat medis yang digunakan dalam proses sterilisasi secara fisik yaitu dengan pemanasan.

Dua Jenis Sterilisator Alat Medis

Telah sedikit dijelaskan diatas, dua jenis alat sterilisasi (sterilisator) yaitu Autoclave dan Dry Heat Sterilizer (Sterilisator Kering). Sekarang kita akan membahasnya satu persatu.

1. Autoclave

Jenis sterilisator alat medis yang pertama yaitu Autoclave. Alat kesehatan ini disebut juga dengan istilah sterilisator basah. Autoclave berbentuk seperti panci yang terbuat dari logam dilapisi aluminium dan terdapat elemen pemanas air di dalanya. Didalam elemen pemanas diletakan “sarangan” yang terbuat dari stainless yang berfungsi untuk meletakkan alat – alat medis yang akan disterilkan.

Autoclave juga disebut dengan alat sterilisasi uap. Hal ini karena memang dalam prosesnya. Autoclave menggunakan media air yang didihkan dengan cara menglirkan energi listrik pada elemen pemanas sehingga menghasilkan uap panas. Karena panas yang dihasilkan di dalam ruangan tertutup maka tekanan juga besar, hal ini sangat efektif untuk membunuh bakteri hingga smpai ke spora.

Harga autoclave cukup bervariasi, hal ini tergantung dari volume dan ukuran. Apabila anda ingin membelinya, anda bisa kunjungi distributor autoclave Indonesia yang jual Autoclave lengkap dengan berbagai model dan ukuran.

2. Dry Heat Sterilizer

Jenis yang kedua adalah sterilisator kering atau juga sering disebut dengan istilah Dry Heat Sterilizer. Fungsinya sama dengan autoclave. Hanya saja ada perbedaan pada prinsip kerjanya. Sterilisator kering dalam proses sterilisasinya menggunakan panas yang dihasilkan oleh generator sinar infra merah dengan suhu tinggi. Alat ini berbentuk seperti Kulkas dengan jumlah pintu, satu atau dua. Di dalamnya terdapat rak untuk menempatkan alat – alat medis yang disterilisasi,

Nah mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga sedikit ulasan mengenai sterilisator alat medis bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *