Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual

Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual

Kebijakan Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual

Dasar implementasi akuntansi berbasis akrual salah satunya adalah UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara Pasal 36 ayat (1) telah menjelaskan tentang ketentuan terkait dengan pengakuan serta pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual. Selain itu, UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 70 ayat (2) juga menjelaskan tentang pengakuan dan pengukuran pendapatan. Dalam Kesepakatan DPR RI dan Pemerintah yang menjadi hasil dari Rapat Konsultasi 25 September 2008 mencakup beberapa kebijakan. Pertama yaitu diawalinya pelaksanaan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual. Yang menyusun menyusun prosedur serta serangkaian persiapan akuntansi berbasis akrual adalah pemerintah.

Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual
Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual

Mengapa Akuntansi Berbasis Akrual Memikili Urgensi Yang Besar?

Sebelum memahami tentang urgensi akuntansi berbasis akrual sangat besar, terlebih dahulu harus diketahui definisi dari basis akrual. Basis akrual merupakan salah satu bagian dari basis akuntansi yang melakukan pencatatan, pengakuan, serta penyajian dari segala jenis rekaman transaksi. Laporan keuangan tersebut disajikan pada waktu transaksi dilakukan dengan mengesampingkan waktu kas dibayarkan dan diterima baik secara fisik maupun dengan software pembukuan. Urgensi yang sangat besar dari akuntansi berbasis akrual adalah karena pendapatan yang dicatat di waktu hak muncul tidak masuk ke kas negara secara serta – merta. Sama seperti pendapatan, pembelanjaan juga tidak dicatat saat muncul kewajiban dan jika kas keluar dari kas negara.

Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual

Akuntansi berbasis akrual mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya yaitu dapat membuat laporan keuangan terupgrade sehingga proses pengambilan keputusan lebih baik. Selain itu, sumber daya akan dapat terpetakan secara rinci. Jika dilakukan sebuah penilaian kinerja, maka pelaporan akan lebih mudah dilakukan selama setahun, dimana kondisi keuangan dapat dihubungkan pada kinerja organisasi yang ada dalam sistem pemerintahan. Selain itu, akuntansi berbasis akrual juga akan bisa menghasilkan nilai asset tertentu dengan tanggung jawab serta ekuitas yang teruograde. Kegiatan atau suatu program akan dapat dinilai serta diukur secara optimal sejalan dengan Reformasi Manajemen Keuangan Pemerintah dalam ketetapan Undang – Undang.

Kelebihan lain dari akuntansi berbasis akrual adalah kebutuhan Government Finance Statistics – 2001 (GFS 2001) yang bersifat akrual menjadi acuan yang sejalan. Jika dilakukan dengan aturan yang sesuai, tanggungan pembayaran pensiun dapat terakumulasi secara tepat. Belanja modal yang di dalamnya ada modal dari akuntansi penyusutan juga lebih rata dan merata. Selain itu, akuntansi berbasis akrual juga mampu memberikan notifikasi khusus atas jatuh temponya sebuah hutang serta denda yang menjadi sanksinya. Pada sebuah rapat maupun negosiasi terkait hutang, pengunduran dan perundingan bisa lebih mudah dilakukan sehingga tidak menimbulkan kecemasan. Jika sebuah posisi finansial amat buru dari sudut pandang negara atau lembaga donornya, maka permintaan hair cut bisa direalisasikan lebih mudah.

Pada implementasi akuntansi berbasis akrual, lebih dari hanya gambaran umum kas informasinya tergambar secara holistik. Hal ini akan membuat sebuah perubahan tingkah laku finansial dari para penggunanya. Dampak positif perubahan tingkah laku tersebut yakni transparansi serta akuntabilitas yang meningkat. Misalnya saja pada bisnis UMKM, maka transparansi pembukuan terhadap pelaporan pajak UMKM melalui aplikasi pajak serta penerapan akuntansi UMKM akan lebih tertata. Namun demikian, perlu digarisbawahi bahwa implementasi akuntansi berbasis akrual memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dibandingkan dengan akuntansi berbasis kas sehingga pengadaan SDM harus diupayakan seoptimal mungkin melalui pelatihan atau perekrutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *