Executive Search – Kiat-kiat menjadi Seorang Manager Sukses

Executive Search – Kiat-kiat menjadi Seorang Manager Sukses

Referensi: executive search consultant , Perkembangan suatu perusahaan ditentukan oleh seorang pemimpin. Perusahaan akan bertumbuh secara signifikan apabila manager-managernya berkualitas, yakni mereka yang mampu kejar target bahkan melampauinya. Memilki jabatan manager juga berarti memilki tanggung jawab yang besar dalam mengatur perusahaan. Itu makanya, Seorang manager kudu kreatif dan mampu berinovasi supaya keuntungan perusahaan dapat meningkat secara signifikan. Berikut adalaha tips untuk menjadi manager tangguh

1. Tidak mendelegasikan tugas kepada orang yang tidak kompeten
Seorang manager harus tahu siapa yang paling tepat untuk bisa menjalankan tugas dengan baik. Karena hal ini, Seorang manager harus bisa mengenali potensi dan juga kelemahan tiap-tiap anggota dalam timnya. Hal tersebut dikatakan karena setiap orang atau bawahan memiliki potensi yang beragam sehingga observasi harus dilakukan seorang manager dengan cara pendekatan terhadap bawahan-bawahannya. Dengan memberikan tugas kepada mereka yang tepat, maka pekerjaan tersebut akan cepat terselesaikan dan selain itu bisa meningkatkan rasa percaya diri orang yang menyelesaikannya.

2. Sebagai teladan dalam kepemimpinannya
Seorang manager harus bisa memberikan contoh kepada tiap orang yang berada di bawahnya. Jika ada aturan-aturan yang harus dipatuhi, maka seorang manager harus duluan mematuhinya. Oleh karenanya, seorang manager harus taat dan disiplin serta bisa menyelesaikan tugas-tugasnya. Hal tersebut akan mempengaruhi bawahan manager itu sehingga mereka pun hormat dan segan kepada atasannya.

3. Mampu memotivasi
Orang dengan jabatan manager harus mampu memotivasi bawahannya. Oleh karenanya, sekali lagi sangat dianjurkan bagi seorang manager untuk lebih mengenal bawahannya supaya bisa memberikan motivasi yang tepat. Jadi ketika performa menurun, motivasi ini kemudian bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan sesuai dengan karakternya masing-masing. Semua itu bertujuan untuk mengembalikan performa ke titik maksimum sehingga semua goal-goal yang sudah ditetapkan bisa tercapai.

executive search consutant

4. Mengaku salah jika memang salah
Sering kali seorang manager salah dalam mengambil keputusan. Ketikan pimpinan bertindak salah, hendaknya berani mengakui kesalahannya dan berani meminta maaf jika diperlukan. Dan kalau bisa, kesalahan yang telah diperbuat bisa menjadi bahan diskusi untuk pembelajaran supaya kedepannya tidak terulang kembali.

5. Melakukan komunikasi yang efektif
Seorang pimpinan harus rutin berkomunikasi dengan bawahannya soal tugas-tugas yang dikerjakan. Itu sebabnya, seorang dengan jabatan manager harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, baik lisan maupun tulisan. Komunikasi yang disampaikan harus interaktif, yakni sama-sama bisa mengerti dari apa yang dikomunikasikan. Bukan hanya itu, seorang pimpinan yang baik adalah mau mengerti dan sabar ketika ada permasalahan yang terjadi, tanpa bertindak atau berkata sesuatu yang menyinggung perasaan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *