Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Tata cara dalam mengerjakan sholat tahajud sebenarnya masih sama dengan tata cara mengerjakan sholat lima waktu. Sholat akan diawali dengan bacaan niat dan diakhiri dengan salam. Hanya saja, perbedaan tata cara sholat tahajud dengan sholat lima waktu terletak pada bacaan niat sholatnya saja. Sementara yang dimaksud dengan sholat tahajud itu sendiri merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun tidur. Jumlah minimal rakaatnya adalah dua dan maksimal tidak terbatas, di mana masing-masing rakaat kedua akan dibarengi salam. Waktu pengerjaannya sendiri hanya di malam hari setelah lewat waktu sholat Isya hingga masuk waktu sholat Subuh.

Berikut adalah tata cara sholat tahajud secara lengkap mulai dari niat hingga salam. Seperti ibadah sholat lima waktu, sholat tahajud juga pasti harus didahului dengan wudhu terlebih dahulu.

  1. Membaca niat sholat tahajud lengkap lalu dilanjutkan dengan bacaan doa seperti Surat Al Fatihah
  2. Membaca suratan pendek pada rakaat pertama dan kedua
  3. Ruku, itidal dan sujud sampai terakhir yaitu salam
  4. Suratan pendek yang dapat dibaca setelah Al Fatihah di antaranya adalah Surat An Nas di rakaat pertama
  5. Suratan pendek di rakaat kedua contohnya adalah Surat Al Falaq
  6. Diutamakan untuk membaca surat An Nas serta Al Falaq karena keduanya memiliki pengertian dalam memohon perlindungan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala godaan setan.

Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud, kita masih dapat melengkapinya dengan bacaan doa-doa tertentu. Duduklah dnegan khusyu dan baca bacaan doa setelah sholat tahajud. Awali dengan dzikir terlebih dahulu agar lebih dekat dengan Allah. Bacaan istighfar dapat dibaca sebanyak-banyaknya atau minimal seratus kali, setelah itu lanjutkan dengan tasbih serta shalawat Nabi sebanyak tiga puluh dua kali atau lebih. Fungsi dari dzikir sendiri adalah untuk mendekatkan diri pada Allah, apalagi jika dibaca dengan ikhlas serta khusyu. Demikian adalah tata cara sholat tahajud lengkap. Kita dapat mempraktekkannya untuk lebih mendekatkan diri pada Allah serta mendapat pahala. Oh iya, jangan lupa baca juga mengenai sholat sunnah hajat ya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *