Keunikan Kampung Adat Toraja Sillanan Tana Toraja

Keunikan Kampung Adat Toraja Sillanan Tana Toraja

Kampung Adat Toraja Sillanan Tana Toraja merupakan salah satu obyek wisata berupa rumah adat yang berada di Desa Sillanan, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Propinsi Sulawesi Selatan. Kampung ini merupakan kampung wisata yang sudah diketahui banyak orang dan selalu ramai dengan kedatangan wisatawan.

Jika Anda lihat, Kampung Adat Silanan aslinya adalah sebuah desa penduduk yang berada di Toraja. Desa ini tidak begitu luas, tetapi suasananya sangat damai. Uniknya, hampir semua wilayah desa tertutup oleh batu kapur karena letaknya yang berada dilereng gunung batu dan gunung kapur. Berbicara soal sejarah, pada jaman dahulu penduduk Desa Silanan menganut paham animisme dan sebuah kepercayaan yang dinamakan Parandangan. Tetapi, paham tersebut lama-lama hilang seiring dengan arus zaman dan masuknya beberapa agama di Tana Toraja. Berwisata di Kampung Adat Toraja Sillanan Tana Toraja, Anda bisa melihat kehidupan orang-orang Tana Toraja pada jaman dahulu. Terdapatnya beberapa Rumah Adat Toraja, yaitu Tongkonan yang dulunya dijadikan sebagai pusat pemerintahan adat Toraja menjadi tonggak sejarah sepanjang masa yang tidak akan terlupa. Sebagian besar, penduduk Desa Sillanan bermata pencaharian sebagai seorang petani sayur-sayuran, petani padi, dan petani kopi yang terlihat dari setiap bentuk Rumah Tongkonan https://www.exploretoraja.com/.

Setiap Tongkonan juga memiliki kegunaan yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa melihat beberapa lumbung padi yang mempunyai usia sudah puluhan tahun dan melihat tempat tinggal pertama orang Toraja yang biasanya disebut “Tokke” yang artinya rumah mengambang. Keunikan lain berasal dari Rumah Tongkonan lain yang dinamakan “Tongkonan Karua” yang terdiri dari delapan Tongkonan yaitu Sangtanete Jioan, Sissarean, Nosu, To’barana’ digente’ Rompona Langsa’, Tomentaun, Karampa’ Pangla Padang, To’lo’le Jaoan, dan Pangrapa’. Untuk Tongkonan yang tidak termasuk kedalam “Karua” mereka adalah Tongkonan yang memiliki kegunaan yang berbeda. Terhadap hal menarik lainnya yang Anda temukan disini yaitu symbol “IBU” yang dilambangkan dengan tongkonan dan symbol “BAPAK” yang dilambangkan dengan alang.

Jika Anda masih penasaran dengan hal-hal unik lain yang tersimpan di KampungAdat Toraja Sillanan Tana Toraja, Anda bisa menyempatkan waktu untuk melihatnya. Masih terdapat banyak nhal yang menarik. Demikian informasinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *